Desa Umbulmartani merupakan desa tempat kampus Universitas Islam Indonesia berada. Infrastruktur jalan dan listrik di desa ini telah memadai, sehingga salah satu fokus pembangunan desa ini adalah pada peningkatan karakter dan kemampuan adaptabilitas warga terhadap perkembangan zaman dan teknologi. Selain itu, tantangan dari Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa menuntut desa untuk mengoptimalkan peran para tenaga kerja muda guna mencegah arus urbanisasi.

Menilik kondisi di atas, Jurusan Teknik Informatika FTI UII bekerja sama dengan Karang Taruna Tunas Harapan Desa Umbulmartani berupaya mengembangkan desa melalui peningkatan peran para pemuda. Kerjasama ini difasilitasi oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Islam Indonesia dan dilaksanakan oleh tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Psikologi.

Terdapat banyak kegiatan yang diagendakan dalam kerjasama ini. Salah satunya adalah kunjungan lapangan (field trip) ke desa di DI Yogyakarta yang memiliki Karang Taruna berkinerja baik serta kunjungan ke usaha ekonomi kreatif desa yang telah mengimplementasikan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Menurut ketua tim, Ibu Nur Wijayaning R., S.Kom, M.Cs, kegiatan field trip yang berlangsung pada hari Ahad, 17 September 2017 bertujuan untuk meningkatkan wawasan para pemuda serta menjalin silaturrahmi dan kerjasama antar para pemuda dan organisasi Karang Taruna.

Karang Taruna Bina Bhakti Desa Murtigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul dipilih dengan mempertimbangkan kegiatan ekonomi kedua desa yang hampir mirip, yaitu desa berbasis pertanian. Selain itu, kedua desa juga sama-sama menjadi kawasan berkembang, dengan Desa Murtigading menjadi pusat lokasi kantor-kantor instansi kecamatan Sanden, sedangkan Desa Umbulmartani memiliki kampus Universitas Islam Indonesia di dalamnya.

Rombongan field trip yang dipimpin Bpk Andhika Giri P, S.Kom. M.Eng mengawali kunjungan dengan silaturrahmi ke Karang Taruna Desa Murtigading dan disambut sangat baik oleh Bapak Drs. Sutrisno, MM (Kepala Desa Murtigading) yang didampingi oleh rekan-rekan dari Relawan dan Karang Taruna Murtigading. Banyak hal yang didapatkan dari pertemuan setengah hari ini, mulai dari sharing aktivitas antar Karang Taruna hingga pemanfaatan sistem informasi desa.

Kunjungan kedua selepas sholat Dzuhur dilanjutkan ke Kripik Al Barik yang berlokasi di sentra pisang Desa Sidomulyo, Kec. Bambanglipuro, Kab. Bantul. Rombongan yang diterima dengan sangat ramah oleh Bpk Bibit ini banyak menimba ilmu tentang perjalanan bisnis beliau yang terkenal dengan kripik bonggol (pangkal) pisangnya.

Rekan-rekan pemuda Karang Taruna Desa Umbulmartani sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan dan merasa bahwa field trip kali ini sukses menginspirasi untuk kemajuan desa Umbulmartani. Ke depannya, Karang Taruna akan menindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan berikutnya. Semoga Karang Taruna Tunas Harapan Desa Umbulmartani semakin sukses! Amiin…. (nnur)