Pretasi Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia terus meningkat baik dalam kancah nasional maupun internasional. Alhamdulillah, pada 03 November 2017 lalu, mahasiswa Teknik Informatika yaitu Mike Rustia Putri (2014) berhasil meraih juara 3 Nasional pada kompetisi National Essay Competition yang diselanggarakan oleh Universitas Sriwijaya, Palembang.
Natonal Essay Competition merupakan salah satu rangkaian dalam acara besar Gebyar Elektro Sriwijaya yang diadakan setiap tahunnya oleh Univeristas Sriwijaya. Tema yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Generasi Inovatif dan kreatif dalam pemanfaatan Teknologi sebagai Media Informasi”. Adapun proses seleksinya yaitu seleksi essay yang telah dikirim ke panitia dan 7 essay tebaik di undang untuk prentasi final di Universitas Sriwijaya. Peserta yang di undang untuk mengikuti presentasi final berasal dari berbagai universitas nasional di Indonesia yaitu Universitas Islam indonesia, Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Riau dan Universitas Jember. Penilaian dalam kompetisi ini adalah 50% penilai essay dan 50% penilai presentasi dengan 3 juri profesional dari berbagai bidang yaitu Prof. Dr. Ir. Sri Haryati, Dea., Dr.H.Iwan Pahendro Anto dan Aris Juliasya S.sos.
Adapun isu yang Mike angkat pada kompetisi ini yaitu permasalahan dalam pendidikan Indonesia yang belum optimal dalam membentuk karakter dan mental sesuai dengan tujuan pendidikan nasioanl pada generasi muda sehingga masih tingginya kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang berpendidikan. Ide dan solusi yang Mike gagaskan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu CHANGES (Character Education Game) merupakan game edukasi berbasis android untuk mengoptimalkan program pendidikan karakter yang sedang dilakukan oleh pemerintah.
“Adapun manfaat mengikuti lomba essay yaitu meningkatkan daya kritis akan isu yang ada, saling berbagi solusi yang inovatif dengan mahasiswa dan kalangan profesional dari berbagai bidang serta melatih kemampuan public speaking. Harapannya semakin banyak mahasiwa yang peduli dengan permasalahan di sekitarnya dan mampu memberi solusi sesuai bidang ilmu yang sedang di pelajari sehingga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat baik di dunia maupun akhirat.”, ungkap Mike Rustia Putri. (admin)