tinjauan literatur pembelajaran daring

Hai IT Solution Enablers!
Sudah setahun lebih kita sama-sama melewati kuliah online. Menurut kalian, gimana selama ini sistem pembelajaran daring yang kalian jalani? Seru? Efektif? Nah, Mbak Dewi Nadhiroh melalui makalah yang ditulisnya mengangkat soal tinjauan literatur tentang pembelajaran daring di masa pandemi. Tujuan makalah ini adalah untuk memberikan tinjauan terhadap temuan-temuan mengenai pembelajaran daring. Kira-kira, gimana tuh isi makalah yang masuk dalam Best Paper di Kolokium 2021 kemarin ini? 🤔

Makalah ini diangkat setelah Dewi melihat kondisi saat ini, di mana semuanya melaksanakan pembelajaran daring. Menurut hasil penelitiannya, setelah setahun lebih dijalankan, pembelajaran daring membawa dampak positif terhadap keberlangsungan pendidikan di dunia. Temuan ini juga mencerminkan bahwa belajar yang serba online ini efektif untuk menggantikan pembelajaran konvensional. Namun, tentunya beberapa faktor tetap harus diperhatikan, seperti fasilitas pembelajaran.

Nah, selain itu Dewi yang mengerjakan makalah ini dengan dibimbing salah satu dosen kita, Pak Hendrik, juga menceritakan sedikit pengalamannya saat proses penyusunan. Menurutnya, literature review adalah hal menantang karena baru kali ini dilakukannya. Tantangan terbesarnya adalah harus membaca banyak paper dengan teliti, termasuk yang berbahasa Inggris. Kebingungan saat membaca dan menulis juga sangat sering dialaminya, nih! Tapi tetap selesai dong~ 😊😊 

Oh, iya, Dewi juga punya pesan, nih, untuk kalian yang juga mau ambil jalur penelitian!

“Jangan malas membaca ya, ini penting ya gaes, kalian akan menemukan banyak hal baru dan menarik dari membaca jurnal. Selain mendapat informasi yang kalian cari, kalian juga bisa belajar gaya penulisan paper literature review lainnya,” pesan Dewi.

Nah itu dia tinjauan literatur pembelajaran daring dari Dewi.  Gimana, yang lagi ngambil jalur penelitian, sudah rajin baca gak?