Tetap Produktif Selama Puasa, CDS UII Gelar Pesantren Sains Data

Dhomas Hatta Fudholi di Pesantren Sains Data

 

Center of Data Science UII kembali mengukir kontribusinya di dunia Sains Data. Kali ini, untuk mengisi waktu dengan kegiatan positif di bulan Ramadhan, CDS UII menggelar Pesantren Sains Data selama tanggal 9-14 Mei 2020 lalu. Pesantren yang menggabungkan kuliah agama sekaligus sains data ini dilaksanakan menjelang waktu berbuka dan setelah shalat tarawih  melalui Zoom Meeting.

Pesantren Sains Data diikuti oleh 96 orang pendaftar yang berasal dari latar belakang yang beragam, mulai dari dosen, mahasiswa, data engineer, dan lain sebagainya. Tidak hanya Yogyakarta, kegiatan ini juga diikuti oleh peserta dari berbagai kota di Indonesia. Pesantren ini diisi dengan materi pengenalan dan studi kasus di sains data, seperti pengenalan Machine Learning, Phyton, Clustering, Neural Network, Tree-based Classifier, serta Deep Learning. Materi disampaikan oleh dosen-dosen Informatika FTI UII yang memang kompeten di bidang Sains Data, antara lain:

Ridho Rahmadi di Pesantren Sains Data

Pesantren ini dilaksanakan selama enam hari. Tiga hari pertama diadakan setiap menjelang berbuka puasa dan selepas tarawih (15.30-17.00 dan 20.30-22.00), sedangkan tiga hari setelahnya hanya diadakan menjelang berbuka. Setiap sesi, untuk 10 menit di awal diisi dengan kultum agama kemudian dilanjut materi sains data. Di pertengahan kegiatan diadakan mini kontes berhadiah dan evaluasi singkat seputar materi dan kultum yang diberikan.

Ke depannya, CDS UII berharap peserta dan pemateri terus menjaga silaturrahim dengan bergabung di grup telegram Sains Data untuk Semua yang dikelola oleh UII.