Tampilan game Among Us. Diambil dari akun Play Store resmi pembuat
Artikel ini merupakan Pemenang Kompetisi Menulis Artikel Web Informatika UII 2020 - Periode 4

Akhir-akhir ini salah satu game online, Among Us, sedang ramai dibicarakan warganet. Permainan yang masuk di kategori “bluffing game” ini berhasil diminati oleh banyak orang, dari anak-anak hingga dewasa. Meskipun game jenis ini sebenarnya sudah ada sejak lama (Werewolf, Saboteur, dll.), Among Us berhasil dikemas dengan baik sehingga mendapatkan popularitas yang tinggi. Bumbu “online game” dan desain antarmuka yang unik dan menarik menjadi satu dari sekian banyak nilai plus keseruan game ini.

Nah, sebagai penggiat IT yang suka main game, kita seharusnya mendorong diri kita untuk lebih dari sekadar pemain game. Karena sebenarnya ada banyak elemen menarik pada game yang bisa menjadi bahan diskusi atau bahkan sampai skripsi:

Ide

Kenapa Among Us bisa populer walau dengan mengusung konsep yang sama dengan Werewolf? Karena lebih seru? Apa itu definisi “seru”? Kalau sekadar online, banyak game Werewolf yang juga dimainkan online. Apa keunggulannya yang sebenarnya? Apa karena game Among Us mudah dijadikan meme? Atau malah karena sesuai dengan suasana politik sekarang? 

Dengan terus memunculkan pertanyaan-pertanyaan kritis tentang game yang kita mainkan, kita secara tidak langsung telah melatih diri untuk memahami dan mengkritisi ide dari suatu produk IT.  Insya Allah, hal ini bisa bermanfaat bagi kita nantinya untuk juga sanggup berpikir kritis ketika mendesain atau mengembangkan suatu produk IT. Coba catat dan detailkan setiap poin yang menarik dari game yang kita mainkan. Coba buat ulasan mendalam tentang game tersebut. Dengan cara ini, siapa tahu kita bisa juga mendapatkan inspirasi yang bisa kita aplikasikan ke produk-produk kita nantinya.

Teknologi

Setelah coba mengkritisi ide, mari kita coba kritisi teknologi di baliknya. Kita bisa ambil contoh Pro Evolution Soccer (PES). Setelah dimainkan bertahun-tahun, pernahkah kita berpikir bagaimana lawan main kita yang dimainkan komputer bisa mengalahkan kita? Apa strateginya? Apakah strategi permainan bolanya sudah sesuai dengan strategi permainan bola di dunia nyata?

Seiring berkembangnya zaman, teknologi-teknologi mutakhir terus ditanamkan pada game agar pengguna bisa mendapatkan pengalaman terbaik. Mulai dari infrastruktur sistem yang baik sehingga pemain bisa bermain secara online dengan lancar, fasilitas in-game payment yang aman untuk memudahkan pemain dalam bertransaksi, graphic optimization, hingga teknologi kecerdasan buatan. Saat ini semua teknologi itu ada dalam game genggaman kita. Gamers biasa mungkin tidak akan menyadarinya. Tapi sebagai penggiat IT kita seharusnya bisa merasakan kerja keras puluhan atau bahkan ratusan programmer dalam penciptaan game yang kita mainkan.

Kamu Bisa Jadi Lebih dari Sekadar Pemain Game

Bermain game memang boleh jadi hiburan dari kesibukan sehari-hari, selama tidak sampai melalaikan diri dari ibadah atau kewajiban lainnya. Tapi, alangkah menariknya jika ketika bermain kita tidak hanya menghibur diri tetapi juga masih bisa mendapatkan manfaat dari game tersebut. Dengan memperhatikan secara detail ide dan teknologi di baliknya, setidaknya setiap kita bermain game kita seakan menemukan sesuatu yang baru dan menginspirasi.

Sehingga ketika ditanya, “Apa yang menarik dari game itu?” kita bisa menjawab lebih baik daripada sekadar “seru aja sih”.


Penulis: Rian Adam Rajagede