informatika wajib coding - freepik

Halo teman-teman semua, dewasa ini Informatika telah dijadikan mata pelajaran wajib di sekolah, khususnya di jenjang SMP dan SMA.

Terlepas dari pro dan kontra yang ada, bagi saya pribadi mata pelajaran Informatika ini dapat membawa dampak-dampak positif yang banyak sekali bagi siswa. Yuk simak di antaranya dampak positif Informatika jadi mata pelajaran wajib di sekolah.

Informatika Membantu Berpikir Kritis Sedini Mungkin

Menurut saya, berpikir kritis adalah hal utama yang membentuk diri seorang siswa ketika belajar Informatika. Dalam Informatika ada dasar berpikir yang dinamakan berpikir komputasi. Di dalam berpikir komputasi sendiri terdapat empat pilar, yakni: dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, dan algoritma. Dengan berpikir komputasi, siswa akan menjadi berpikir lebih kritis sedini mungkin.

Meningkatkan Kreativitas Siswa

Mata pelajaran Informatika dapat mengubah cara berpikir siswa menjadi lebih baik, salah satunya adalah menjadikan siswa dapat berpikir lebih kreatif. Kok bisa? karena siswa secara tidak langsung akan menemukan ide-ide baru dari pemikiran mereka. Selain itu, siswa juga dapat mengajak teman-temannya untuk bertukar pikiran dan menciptakan ide yang lebih besar lagi. Dengan demikian, Informatika membantu siswa dalam meningkatkan kreativitas mereka.

Membentuk Pribadi yang Terstruktur

Nah, untuk yang satu ini dapat dirasakan langsung oleh siswa apabila siswa senantiasa memperhatikan algoritma dari suatu program. Informatika membiasakan siswa untuk mengerjakan segala sesuatunya secara terurut, hal ini tentu menjadi hal yang pelan-pelan dapat dibiasakan dalam diri dan membentuk pribadi siswa yang terstruktur dalam mengerjakan sesuatu.

Menjadi Bekal Masa Depan

Tentunya kita semua mengetahui, bahwasannya kita sedang menuju era society 5.0 yang mana kita akan bersaing secara global melalui teknologi yang luar biasa canggihnya. Dalam era 5.0, manusialah yang berperan besar terhadap berkembangnya teknologi. Dengan mempelajari Informatika siswa dilatih untuk menguasai suatu teknologi dan diharapkan dapat menciptakan teknologi baru. Hal inilah yang mendasari Informatika menjadi bekal untuk masa depan siswa.

Nah, itulah beberapa dampak positif dari Informatika sebagai mata pelajaran wajib di sekolah. Oleh karena itu, mata pelajaran Informatika sangatlah penting bagi siswa ke depannya untuk menghadapi persaingan global yang sangat ketat. Namun, hal ini tidak dapat tercapai jika tidak adanya dukungan dari beberapa pihak terkait mulai dari pemerintah, pihak sekolah, dan siswa itu sendiri.


Penulis: Rahmatia Sumanjayanti
Mahasiswi Prodi Informatika Program Sarjana Angkatan 2019