Design Thinking dalam Perancangan E-Commerce JavaHands

Design thinking dalam perancangan e-commerce JavaHands

Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai kota pariwisata bagi warga Indonesia maupun warga asing. Tempat ini menjadi istimewa karena memiliki berbagai macam kesenian dan kebudayaan. Kebudayaan berupa kerajinan tangan menjadi hal yang diminati oleh pembeli dan juga menjadi salah satu komoditas yang memberikan keuntungan pada peningkatan jumlah ekspor. Akan tetapi, dalam penjualannya, calon pembeli masih sulit untuk mencari produk tersebut di jejaring sosial maupun web. Terlebih lagi informasi yang diberikan masih berupa gambar atau foto serta komentar dari orang lain. 

 

Berdasarkan permasalahan tersebut, dibangunlah website JavaHands sebagai penghubung antara perdagangan internasional dengan pengrajin kerajinan tangan secara langsung. JavaHands sendiri merupakan e-commerce dengan fokus menjualkan produk kerajinan tangan buatan masyarakat Indonesia terutama produk Kota Yogyakarta yang berbasis web. 

 

Perancangan tampilan User Experience (UX) menjadi fokus penting pada JavaHands karena User Experience (UX) merupakan komponen utama dalam merancang pengembangan e-commerce hingga merancang tampilan desain User Interface (UI). Alur yang sesuai dengan kebiasaan pengguna dapat memberikan kemudahan pemakaian pada calon pengguna. 

 

Dalam perancangannya, JavaHands menggunakan pendekatan Design Thinking yang merupakan pendekatan dengan menajamkan fokus serta memahami pengalaman dan kebutuhan pengguna untuk memecahkan sebuah masalah menjadi solusi yang dikembangkan menjadi ide yang inovatif. Pendekatan ini dipilih dengan pertimbangan agar web yang dibuat hingga dijalankan sesuai dengan pengalaman dan kebutuhan calon pengguna. 

 

Pendekatan Design Thinking ini sendiri memiliki lima tahap yang perlu dilakukan, yaitu empathy, define, ideate, prototype dan testing. Dengan metode Design Thinking dalam pembuatan e-commerce, dihasilkanlah tampilan web JavaHands yang sesuai dengan pengalaman, keinginan, serta kebutuhan user atau pengguna.

 

Unggahan ini juga diunggah di instagram, silakan mengunjungi instagram kami.

https://s.id/design-thinking-dalam-perancangan-e-commerce-javahands