,

Inovasi Alat Pemantau Prokes Karya Mahasiswa UII Lolos Seleksi PIMNAS

Mahasiswa Informatika kembali menoreh prestasi melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Berbekal inovasi karya yang diberi nama “DIIBS”, M. Ilham Rizqyakbar (Informatika 19) dan tim berhasil lolos pendanaan ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional (PIMNAS) 35 tahun 2022. DIIBS merupakan suatu inovasi yang dibuat sebagai solusi atas keresahan penyebaran covid-19. Piranti ini mampu memantau penggunaan masker dan pengawasan berjaga jarak di suatu area, khususnya di ruangan tertutup. 

Deskripsi alat DIIBS

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah ajang bergengsi lomba antar perguruan tinggi se-Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia sebagai bentuk upaya meningkatkan mutu mahasiswa. Sementara PIMNAS adalah tahapan terakhir dari pelaksanaan kegiatan PKM. 

Sesuai dengan tujuan dari bidang PKM Karya Inovatif, Ilham dan tim berharap karya yang mereka hasilkan dapat selesai tepat waktu dan berfungsi dengan baik. Walau sempat terjadi beberapa kendala seperti desain tidak sesuai dan perangkat lunak yang tidak berjalan sesuai keinginan, tetapi tim Pengembang DIIBS tidak menyerah. Ilham menuturkan saat ini ia dan keempat rekan lainnya tengah melakukan beberapa persiapan untuk menyambut PIMNAS, seperti melakukan perbaikan alat dan latihan untuk presentasi karya yang akan diadakan secara luring pada November ini di Universitas Muhammadiyah Malang. 

Ilham juga berbagi beberapa tips bagi yang tertarik untuk mengikuti PKM atau PIMNAS. Pertama, selektif dalam memilih anggota tim. Menurut Ilham, pengembangan suatu karya membutuhkan orang-orang yang berkomitmen terhadap tugas yang harus dikerjakan. Jangan membuat tim yang seluruhnya hanya anggota “teknikal” saja, aspek-aspek non-teknik seperti pembuatan dan penulisan proposal, laporan keuangan, dokumen teknis, dan artikel ilmiah juga berperan besar dalan menentukan keberhasilan suatu tim.  

Terakhir, lakukan persiapan dari jauh-jauh hari. DIIBS sendiri awalnya dikembangkan pada tahun 2021 sebagai tugas akhir (TA) milik inisiator dari tim pengembang, yaitu Eka Putra Prasetya (Teknik Elektro 18). Karena pengembangan karya yang membutuhkan proses tidak sebentar, Ilham menyarankan bagi teman-teman yang berniat mengikuti PIMNAS untuk segera mengambil langkah awal, setidaknya mencari tim atau ide terlebih dahulu. 

Sebagai penutup, Ilham berharap agar tujuan dari pembuatan alat DIIBS ini dapat tercapai dengan baik dan segenap timnya diberi kelancaran saat presentasi PKP2 (Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM) nanti.  

Selamat berjuang di PIMNAS 35, Ilham dan Tim!