Atur Penggunaan Gadget dengan Fishy Fish – Untuk digital habit pelajar yang lebih baik

Fishy Fish

Hai Zenfor! Setelah kemarin kita sudah membahas karya terbaik dari mata kuliah Pengembangan Aplikasi Berbasis Web dan Pemikiran Desain, sekarang kita akan membahas karya terbaik dari mata kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak. Nama dari karya ini adalah Fishy Fish. Sebenarnya, apa sih Fishy Fish itu? 

 

Fishy Fish merupakan aplikasi digital wellbeing berbasis Android yang bertujuan untuk mengurangi frekuensi penggunaan gadget berlebih pada pelajar SD dan SMP. Proses pembelajaran yang masih dilakukan secara daring mengakibatkan pelajar SD dan SMP harus menggunakan gadget secara mandiri. Akan tetapi, tidak semua pelajar dapat mengatur frekuensi dalam menggunakan gadget mereka. Penggunaan gadget yang semula hanya bertujuan untuk belajar pun sering kebablasan sehingga cenderung berlebihan. Oleh karena itu, Fishy Fish hadir sebagai solusi atas masalah tersebut, dengan tujuan untuk membantu pelajar SD dan SMP mengurangi frekuensi dalam menggunakan gadget. 

 

Konsep aplikasinya gimana, tuh?

Fishy Fish akan mencatat berapa lama pengguna mematikan gawainya saat sedang belajar. Gitu aja? Gak, dong! Aplikasi ini berkonsepkan gamifikasi, sehingga pengguna akan ditantang untuk merawat ikan hingga tumbuh besar dan mengoleksinya sebanyak mungkin. Ikan-ikan tersebut hanya akan tumbuh saat pengguna mematikan gawai.

 

Lalu gimana cara menggunakannya?
Aplikasi ini digunakan saat pelajar ingin beraktivitas yang membutuhkan fokus seperti belajar. Setelah membuka aplikasi, pelajar akan ditantang untuk merawat seekor ikan hingga tumbuh besar dengan cara mematikan gawai selama belajar. Semakin lama gawai dimatikan, semakin besar pula ikannya! Target lama waktu belajar juga dapat disesuaikan, lo. Nah, kita dapat melihat statistik penggunaan Fishy Fish dan dikirimkan kepada guru di sekolah sebagai bahan evaluasi.

fishy fish

Alur Penggunaan Fishy Fish

 

Nah, menarik, kan, aplikasi ini? Apresiasi untuk tim Geimers!

Tim Geimers

Geimers

Vasant Paradissa Nuno Sakti – Lead

Adelia Maharani Az Zahra

Dea Anggraeni

Melinia Betha Nureza

Muhammad Zaki Muflih Tri Shafwan