Pentingnya Pembaruan Aplikasi di Kalangan Pengguna Smartphone

Geraldy Yusuf Pralampita

Geraldy Yusuf PralampitaGeraldy Yusuf Pralampita menjadi salah satu peraih best paper dalam Kolokium 2020 lalu. Bersama Bapak Ahmad Raf’ie Pratama, S.T., MIT., Ph.D., Mas Geraldy mengangkat sebuah makalah dengan judul Analisis Kesadaran Pembaruan Aplikasi di Smartphone dengan Model KAB.

Seperti yang kita tahu, smartphone telah menjadi alat yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Cepatnya kemajuan teknologi membuat developer secara rutin memperbarui aplikasi mereka agar tidak ketinggalan zaman. Hal ini juga bertujuan untuk menutup celah keamanan yang mungkin bisa berakibat buruk bagi pengguna smartphone. Namun, ternyata tidak semua pengguna smartphone memperbarui aplikasi yang terpasang pada smartphone secara berkala, padahal ini adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan..

Melalui makalah Analisis Kesadaran Pembaruan Aplikasi di Smartphone dengan Model KAB ini, Mas Geraldy mencoba mengukur seberapa tinggi tingkat kesadaran masyarakat Indonesia dalam memperbarui aplikasi smartphone secara berkala. Plus, dengan penelitian ini akan terlihat perbedaan tingkat kesadaran keamanan berdasarkan faktor demografis dari pengguna smartphone.

Penelitian yang menggunakan sumber data primer dari hasil survei 277 orang pengguna smartphone di Indonesia ini menggunakan metode analisis Kruger-Kearney dan multiple regression. Ternyata, dari hasil penelitian, terlihat bahwa kesadaran masyarakat Indonesia ada di tingkat rata-rata dan masih bisa diperbaiki lagi ke depannya. Tingkat kesadaran ini dipengaruhi dua faktor utama, yakni jenis kelamin dan usia pengguna.

Yuk, mulai sekarang rajin meng-upgrade aplikasi di smartphone untuk meningkatkan keamanan perangkat sekaligus mendapatkan performa yang lebih cepat!