Kamis, 28 Januari 2021 Program Studi Informatika Program Sarjana kembali menyelenggarakan agenda Diseminasi Magang untuk periode Semester Ganjil TA 2020/2021. Agenda ini ditujukan untuk menilai proses para mahasiswa yang mengambil jalur kelulusan Magang dan sedang menjalani masa magangnya di perusahaan-perusahaan mitra Universitas Islam Indonesia.

Seperti Diseminasi Magang semester sebelumnya, agenda kali ini juga diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom dan Youtube dan terbuka untuk umum. Selain utamanya dihadiri dosen-dosen dan mahasiswa, Program Studi Informatika – Program Sarjana juga turut mengundang perwakilan dari tiap-tiap perusahaan mitra.

Acaradiseminasi magang

Acara dibagi menjadi dua sesi yaitu pagi dan siang mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.30 WIB. Bapak Hanson Prihantoro Putro, S.T., M.T. bertindak sebagai pembawa acara dan dibuka dengan sambutan dari Ibu Aridhayanti Arifin, S.T., M.Sc. selaku perwakilan tim Magang. Dosen lain yang turut hadir sebagai penguji dan memoderatori acara adalah Ibu Fayruz Rahma, S.T., M.Eng., Bapak Andhik Budi Cahyono, S.T., M.T., Bapak Moh. Idris, S.Kom., M.Kom., dan Ibu Erika Ramadhani, S.T., M.Eng..

Presentasi Mahasiswa

Sebanyak 12 mahasiswa tampil sebagai presentator untuk memenuhi mata kuliah jalur Magang sekaligus sebagai ajang berbagi pengalaman magang dengan mahasiswa-mahasiswa lain.

Setiap presentator diberi waktu 15 menit untuk memaparkan kegiatan dan karya yang dilaksanakan selama magang, juga poster dan video yang telah dibuat sebagai dokumentasi kegiatan. Kemudian dosen-dosen penguji akan menilai dan memberikan pertanyaan untuk menguji proses magang yang dilakukan mahasiswa. Penonton pun diberi kesempatan untuk bertanya kepada setiap presentator.

Respon positif didapat oleh para peserta magang kali ini dari dosen-dosen yang memoderatori acara. Menurut Pak Andhik Budi Cahyono peningkatan kemampuan dan keterampilan mahasiswa peserta magang bisa terlihat dari presentasi yang dilakukan termasuk cara menjawab pertanyaan yang juga banyak berasal dari penonton umum.

Peserta dan Lokasi Magang

Berikut nama 12 peserta Diseminasi Magang beserta lokasi penempatan magang yang dijalani:

Krafthaus Indonesia:

  • Muhammad Habib Izdhihar – UX Specialist
  • Muhammad Adzka Sairul Fahmi Ridwan – UX Specialist

Badan Sistem Informasi Universitas Islam Indonesia:

  • Arka’an Nurhuda – Site Reliability Engineer

Javan Cipta Solusi:

  • Dendy Surya Darmawan – PHP Programmer
  • Fajri Idza Inayah – Programmer
  • Dinastutyasakti B. Kinasih – System Analyst

Astra Sedaya Finance:

  • Achmad Khodzim – Programmer

PT Aino Indonesia:

  • Ardian Dwi Rifai – Android Developer

JALA:

  • Andri Wahyu Ahmad Ruslam – Data Scientist

Git Solution:

  • Elda Chandra – UI/UX Designer
  • Aditya Raka Pradana – UI/UX Designer

Usai sudah agenda Diseminasi Magang Semester Ganjil TA 2020/2021. Seluruh rangkaian acara dan video dokumentasi magang peserta bisa disaksikan di kanal Youtube Jurusan Informatika FTI UII.