“The Art of Referencing”, Pelatihan Paraphrasing untuk Publikasi

Magister Informatika pada Kamis (26/12) lalu telah melaksanakan Workshop “The Art of Referencing”, pelatihan paraphrasing untuk publikasi yang bertempat di Ruang Audiovisual Rektorat Lantai 4, UII.  Kegiatan yang dimulai 09.00 hingga 15.20 ini bertujuan untuk memperdalam wawasan mahasiswa Magister Informatika mengenai cara mengutip sumber pengetahuan dari literatur secara tepat agar tidak dianggap sebagai bentuk tindakan plagiarisme. Di kegiatan ini, peserta diajarkan ilmu mengenai teknik pengutipan (quoting), menghindari plagiarisme (paraphrasing), serta merangkum suatu artikel (summarizing).

Workshop ” The Art of Referencing” ini juga mendatangkan instruktur dari UII Learning Center yang memang ahli di bidangnya, di antaranya: (1) Rina Desitarahmi, M.Hum; (2) Riefki Fajar Ganda Wiguna, M.Hum; dan (3) Ginanjar Gailea, M.A. Acara dimulai dengan registrasi peserta, yang diikuti oleh kurang lebih 24 peserta. Materi pertama dimulai pukul 09:30 WIB dengan topik teknik pengutipan (quoting and referencing) berdasarkan APA (American Psychological Association) Systems, dilanjutkan dengan materi kedua yang dimulai pukul 12:15 WIB dengan topik menghindari plagiarisme (paraphrasing), serta materi terakhir yang dimulai pukul 14:15 WIB dengan topik merangkum artikel (summarizing).

Dengan diadakannya Workshop “The Art of Referencing” ini, diharapkan  mahasiswa mampu mengutip dan merangkum sumber pengetahuan dari literatur dengan tepat dan jauh dari tindakan plagiarisme.