,

HMTF LEM FTI UII Melakukan Kunjungan Industri Ke Beberapa Perusahaan IT

HMTF LEM FTI UII Melakukan Kunjungan Industri Ke Beberapa Perusahaan IT

Pada 16 September 2018 Rombongan Kunjungan Industri 2018 HMTF LEM FTI UII melakukan pembukaan acara dan sekaligus pelepasan peserta Kunjungan Industri 2018. Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Ketua HMTF LEM FTI UII Hilman Maulana, Ketua Umum LEM FTI UII yang diwakili oleh Dira Juniati, Ketua DPM FTI UII yang diwakili oleh Cahya Nugraha dan juga dihadiri oleh perwakilan dari Program Studi S1 Teknik Informatika yaitu Ketua Program Studi S1 Teknik Informatika Bapak Dr. R. Teduh Dirgahayu.

PT. Qwods Company International

Rombongan Peserta Kunjungan Industri 2018 yang berjumlah 49 mahasiswa, berangkat menuju Jakarta pada pukul 14.00 dan tiba di Jakarta pada pukul 05.00 kemudian langsung melakukan Ibadah Sholat Subuh di Masjid Istiqlal. Kunjungan Industri I yaitu berkunjung ke PT. Qwords Company International, disana para dibagi menjadi dua kelompok karena menyesuaikan kapasitas dan aturan dari perusahaan tersebut. PT. Qwords Company International memberikan materi mengenai dunia hosting dan peserta juga diperbolehkan untuk mengunjungi ruang Data Center.

PT. Garena Indonesia

Agenda selanjutnya yaitu melakukan kunjungan di PT. Garena Indonesia. PT. Garena Indonesia memberikan materi mengenai PT. Garena Indonesia itu sendiri, penjelasan mengenai pekerjaan tim ketika bekerja di bidang gim dan para peserta diperbolehkan untuk sharing langsung dengan para pekerja di perusahaan tersebut. Setelah itu para peserta Kunjungan Industri 2018 pulang ke hotel untuk beristirahat.

Kementrian Kominfo

Hari selanjutnya, kunjungan industri dilakukan di Kementerian KOMINFO. Di KOMINFO para peserta mendapatkan banyak ilmu mengenai pemblokiran situs terlarang. Para peserta terlihat sangat tertarik sekali dengan topik ini, dapat dilihat dari keaktifan para peserta dengan bertanya kepada para pembicara.

PT. Cyberindo Aditama

Kunjungan terakhir yaitu kunjungan ke perusahaan PT. Cyberindo Aditama atau yang biasa disebut dengan CBN. Di CBN para peserta mendapatkan materi mengenai dunia kerja di CBN itu sendiri. Semua kunjungan yang dilakukan para peserta Kunjungan Industri juga di dampingi oleh perwakilan dari Jurusan Teknik Informatika FTI UII yaitu Bapak Almed Hamzah, S.T., M.Eng.

Dari acara Kunjungan Industri 2018, semua perusahaan yang dikunjungi sangat menerima dan menyambut sekali. Acara ini dianggap dapat menjadi motivasi dan peserta juga dapat mengetahui gambaran nyata dari dunia pekerjaan di bidang informatika. Dilihat dari manfaatnya, diharapkan acara ini dapat terus berlangsung di setiap tahunnya serta ke perusahaan-perusahaan yang besar. Dengan demikian, perusahaan-perusahaan tersebut dapat mengenal atau bahkan bekerja sama langsung dengan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.