,

Peran Informatika Mendukung Layanan Rumah Sakit

Kuliah Umum Pengembangan Aplikasi Informatika Medis

Pada Selasa (10/12) lalu, mata kuliah Pengembangan Aplikasi Informatika Medis mengadakan kuliah umum di Gedung Kuliah Umum Dr. Sardjito. Penyelenggaraan kuliah umum ini turut mengundang Direktur Utama Rumah Sakit UII, dr. Widodo Wirawan, MPH., sebagai pembicara. Kuliah umum yang mengusung tema Peran Informatika Mendukung Layanan Rumah Sakit ini bertujuan memberikan pengetahuan mengenai standar, tantangan, serta peluang informatika dalam dunia medis.

peserta kuliah umum informatika untuk layanan rumah sakit

Penerapan teknologi informasi dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta keamanan dan kenyamanan dalam proses alur kerja sistem di rumah sakit. Akan tetapi, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Misalnya, belum adanya regulasi pemerintah yang mengatur secara rinci mengenai standar tata kelola data medis pasien. Selain itu, dibutuhkan proses edukasi dan implementasi, komitmen, strategi change management yang tepat mengenai ekosistem digital di rumah sakit untuk mewujudkan health trends yang baru.

Dengan adanya tantangan tersebut, semoga mahasiswa dapat menggali ide serta potensi untuk mengembangkan sistem yang mendukung pelayanan di bidang medis. [/Hikmah]

penyerahan kenang-kenangan pembicara kuliah umum peran informatika mendukung layanan rumah sakit