Mahasiswa Magister Informatika UII Ciptakan Aplikasi Pemantau Stroke

Foto bersama Muhammad Zakariyah ketika press release

 

Mahasiswa Program Studi Informatika Program Magister FTI UII, Muhammad Zakariyah, berhasil mengembangkan aplikasi pemantau kecepatan aliran darah (Blood Flow Velocity atau BFV) dan tekanan tekanan darah (Blood Pressure atau BP). Riset ini menggunakan metode analisis multi parameter biosignal yang berguna sebagai pemantau perkembangan terapi penderita stroke iskemik usia lanjut tanpa diabetes melitus (DM).

Menurut Ibu Izzati Muhimmah, S.T., M.Sc., Ph.D., sebagai Ketua Program Studi Informatika Program Magister FTI UII, dengan menggunakan aplikasi pemantau BFW dan BP penderita bisa lebih hemat karena tidak perlu melakukan CT scan untuk mengetahui perkembangan terapinya. Meskipun penelitian ini masih menggunakan data sekunder dari Amerika Serikat, tetapi tidak masalah karena tidak ada perbedaan antara penderita stroke di Amerika Serikat dan Indonesia.

Hasil Penelitian

Biosignal mampu memberikan informasi mengenai kondisi tubuh, termasuk kondisi fisiologis penderita stroke iskemik. Regulasi darah di dalam otak diatur melalui mekanisme Cerebral Autoregulation (CA). Beberapa parameter yang dapat digunakan untuk mengetahui mekanisme ini adalah kecepatan aliran darah (Blood Flow Velocity/BFV) dan tekanan tekanan darah (Blood Pressure/BP). 

Stroke juga berkaitan dengan aktivitas sistem saraf, yang direpresentasikan melalui Heart Rate Variability (HRV). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ketiga biosignal tersebut dan pengaruhnya terhadap fisiologis penderita stroke iskemik. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok (20 stroke dan 20 control). 

Data BFV didapatkan pada bagian Middle Cerebral Artery (MCA), BP didapatkan melalui arteri lengan pada bagian atas, dan elektrokardiogram dengan 3 lead dipasang di bagian dada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara BP dan BFV pada kelompok control (p-value < 0.05; r = -0.574). 

Muhammad Zakariyah menjelaskan aplikasi pemantau stroke

Korelasi ini tidak ditemukan pada kelompok stroke. Sebaliknya hubungan antara BP dan HRV hanya ditemukan pada kelompok stroke, yang disebabkan oleh tingginya aktivitas saraf simpatetik (p-value < 0.05 dan r > 0.4) pada parameter SDRR, RMSSD, CVRR, LF, dan SD1. Pada kelompok control, tidak terdapat hubungan antara HRV dengan BP. Hubungan antara BFV dan HRV pada kelompok control tidak ditemukan secara statistik, namun pada kelompok stroke, hubungan ini terlihat pada parameter LF dan Rasio LF/HF (p-value < 0.05; r > 0.4). 

Berdasarkan temuan penelitian, parameter yang dapat digunakan untuk menjelaskan karakteristik penderika stroke di semua posisi adalah MeanRR, VLF, dan LF.

Kesimpulan Penelitian

  1. Blood Pressure (BP) pada kelompok stroke iskemik dengan beberapa eksklusi pada penelitian ini lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok control. Sementara itu, Blood Flow Velocity (BFV) pada kelompok stroke iskemik lebih lambat daripada kelompok control. Hampir semua parameter pada Heart Rate Variability (HRV) pada kelompok stroke iskemik lebih rendah daripada kelompok control.
  2. Pada kelompok control, BP berbanding terbalik dengan BFV (p-value < 0.05 dan r ≥ 0.5). Pada penderita stroke iskemik, mekanisme ini tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga tidak ditemukan korelasi antara BP dan BFV. Terdapat hubungan antara BP dengan HRV pada kelompok stroke iskemik, yang disebabkan oleh tingginya aktivitas saraf simpatetik (p-value < 0.05 dan r > 0.4). Hubungan antara BFV dengan HRV juga hanya ditemukan pada kelompok stroke (p-value < 0.05 dan r > 0.4).
  3. Parameter pada HRV yang dapat digunakan untuk membedakan karakteristik penderita stroke iskemik yaitu SDRR, CVRR, LF, dan VLF. Parameter ini merepresentasikan aktivitas simpatetik dan parasimpatetik, serta RMSSD dan SD1 yang menunjukkan aktivitas saraf parasimpatetik.

Narasumber

  • Muhammad Zakariyah, Mahasiswa Program Studi Informatika Program Magister FTI UII
  • Izzati Muhimmah., S.T., M.Sc., Ph.D Ketua Program Studi Informatika Program Magister FTI UII