Sabtu, (7/3) lalu, telah dilaksanakan Kuliah Umum Mahasiswa Baru Angkatan XXI Program Studi Informatika Program Magister di Ruang Audiovisual Gedung Rektorat Lantai 4. Agenda ini dilaksanakan untuk menyambut mahasiwa baru Magister Informatika sekaligus memberikan semangat dan motivasi di awal perkuliahan. Selain itu, juga dilaksanakan pemberian beasiswa bagi mahasiswa baru oleh Ibu Izzati Muhimmah.

Bapak Risman Adnan Mattotorang mengisi kuliah umum Magister Informatika UII

Kuliah umum diisi oleh Bapak Risman Adnan Mattotorang selaku Direktur Software & AI di Samsung R&D Institute Indonesia, yang mengangkat tema Machine Learning and Artificial Intelligence from Fundamental, Conceptual, Practical, and Business Point of Views. Beliau menganggap bahwa tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa setiap masalah bisa diselesaikan dengan AI. Padahal, sebenarnya mungkin mereka belum paham dengan makna Artificial Intelligence serta Machine Learning itu sendiri.

foto bersama kuliah umum Magister Informatika UII

Beliau menekankan konsep FCP: Fundamental, Conceptual, & Practical. Untuk memantapkan teknik belajar mahasiswa, beliau juga merekomendasikan Feynman Technique.  Ini adalah sebuah teknik mengulang kembali pelajaran yang ingin dikuasai dengan menjelaskan menggunakan bahasa yang lebih sederhana, seolah-olah kita mengajarkan ilmu ini untuk anak kecil. Dalam kuliahnya, Pak Risman juga berharap, semoga mahasiswa tidak malas membaca buku karena kita hidup di era yang dinamis.