Foto Pak Fathan dari Informatika UII bersama pihak Desa Widodomartani ketika bakti sosial

Bakti Sosial merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Jurusan Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat fakir dan miskin yang berada di sekitar Universitas Islam Indonesia. Lokasi bakti sosial pada tahun 2020 ini sama dengan lokasi tahun sebelumnya yaitu Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman.

Pada kesempatan kali ini, agenda bakti sosial dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Juli 2020 di Balai Desa Widodomartani. Kegiatan ini dilakukan dengan membagikan 150 paket sembako kepada warga fakir miskin di 19 dusun, Desa Widodomartani.

Proses pelaksanaan kegiatan bakti sosial pada tahun 2020 ini sedikit berbeda dengan biasanya. Pada tahun-tahun sebelumnya, pembagian sembako dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan buka puasa di Bulan Ramadhan. Namun pada tahun ini, pembagian sembako dilaksanakan di luar program Ramadhan karena masih dalam masa pendemi COVID-19. Pembagian sembako dilaksanakan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan. Warga harus mengenakan masker, cuci tangan terlebih dahulu, dan menjaga jarak ketika antre mengambil sembako.

Distribusi sembako secara teknis dikoordinir dan dilaksanakan langsung oleh pihak pengurus Desa Widodomartani yang dalam hal ini diwakili oleh pelaksana tugas kepala desa dan Kasi Pelayanan Desa Widodomartani, yaitu Bapak Adit dan Bapak Susilo. Proses serah terima paket sembako diberikan secara simbolis oleh Ketua Panitia Baksos 1441 H, Bapak Ahmad Fathan Hidayatullah, dan langsung diterima oleh Bapak Adit selaku pelaksana tugas kepala Desa Widodomartani.

Pihak desa Widodomartani sangat berterima kasih dan bersyukur atas pembagian sembako yang dilakukan oleh Jurusan Informatika UII. Diharapkan di waktu yang akan datang, kerja sama antara Jurusan Informatika UII dan Desa Widodomartani dapat terus berlanjut, tidak hanya kegiatan bakti sosial namun juga kegiatan-kegiatan bermanfaat yang lainnya.