Implemetasi Arsitektur Enterprise Pola Finansial Pada Aplikasi Berbasis Microservices

Hai, IT Solution Enablers!

Kalian sudah kenal teknologi microservices belum? Nah, singkatnya, teknologi microservices membagi aplikasi menjadi layanan yang lebih kecil dan saling terhubung. Setiap microservice merupakan aplikasi kecil yang memiliki arsitektur heksagonal sendiri yang terdiri dari logikanya sendiri.

Teknologi yang sedang tren inilah yang diangkat sebagai permasalahan dalam paper yang berjudul Implemetasi Arsitektur Enterprise Pola Finansial Pada Aplikasi Berbasis Microservices oleh Mas Hanif Faturohman. Paper ini masuk dalam kategori Best Paper pada Kolokium Informatika 2021 kemarin, gengs! Jadi, tentang apa dan gimana proses pembuatan paper yang ditulis Mas Hanif ini? 🤔

Arsitektur enterprise ini merupakan dokumen yang mendeskripsikan model bisnis, infrastruktur IT, dan relasi keduanya. Biasanya, nih, dokumen ini digunakan di perusahaan-perusahaan. Penelitian yang dilakukan ini berisi tentang langkah-langkah implementasi arsitektur enterprise ini ke aplikasi web berbasis Microservices.

Ide penelitian ini muncul dari pengalaman pribadi Hanif, lho. Saat magang sebagai Web Developer di Gidicode, Hanif  banyak menemukan masalah di mana kode yang ditulisnya tidak bisa mengikuti kebutuhan yang memungkinkan modifikasi fitur dengan cepat. Nah, dari sini, Hanif memutuskan untuk belajar soal Microservices. Akhirnya, hasil belajarnya ini juga diangkat ke dalam penelitian.

Nah, untuk mahasiswa yang pengen ngambil jalur penelitian, dapat saran juga nih dari Hanif.

“Yang utama, sih, harus rajin baca”, sarannya.

Kenapa harus rajin baca?  Biar kita bisa familiar sama struktur kalimat yang baik dan benar untuk mulai menulis penelitian. Makin banyak baca, makin gampang!