,

Cerita Peserta Joint Degree NXU-UII

Program Joint Degree ke Nanjing Xiaozhuang University kembali dibuka! Ini kesempatan besar, nih, buat kamu yang pengen punya pengalaman belajar di kampus luar negeri. Nah, biar kenal sama program ini, dua mahasiswa Informatika UII yang jadi peserta program ini, Sayyid dan Khairunnisa, mau membagikan ceritanya!

 

Apa, sih, alasan utama memilih Cina dan NXU sebagai tujuan belajar?

 

Sayyid

Sejak awal masuk kuliah, memang sudah meniatkan diri untuk ikut program Joint Degree. Melihat perkembangan teknologi di Cina, saya pun memilih NXU sebagai tujuan belajar. Faktor budaya dan tradisi Cina yang menarik untuk dipelajari juga berpengaruh.

 

Khairunnisa

Dulu waktu kecil sempat terpikir, bisa gak ya kalau kita bikin kamera yang dipasangkan ke mata, dan tingal mengedipkan mata untuk mengambil foto? Nah, karena perkembangan AI dan IOT di Cina sangat pesat, aku pikir ini peluang yang bagus untuk belajar ke sana. Lalu akhirnya ketemu program NXU ini yang mendukung pembelajaran dengan bahasa Inggris.

 

 

Menurut kamu, keuntungan apa sih yang didapat jika ikut program ini?

Sayyid

Keuntungan yang bisa didapat tentunya pengalaman yang eksklusif, di mana hanya sedikit orang yang bisa merasakan pengalaman di program ini. Lalu setelah lulus kita akan mendapat dua gelar sarjana yang akan menambah value kita ketika ingin mendaftar pekerjaan. Terakhir, bertambahnya network, sehingga memperluas peluang kita untuk mendaftar di pascasarjana kelak.

 

Khairunnisa

Teman-teman, belajar bahasa dan wawasan baru pastinya. Contohnya, dari program ini, di sisi pendidikan kita dapat melihat etos kerja orang China yang bagus sekali mulai dari selalu on-time bahkan 15 menit sebelum sudah siap, dan jika ada tanggal merah di hari perkuliahan mereka bakal nyari hari pengganti untuk mencapai target perkuliahan.

 

Ada rencana khusus yang ingin dilakukan selama program ini?

Sayyid

Tentunya ada, ingin organisasi PPIT Nanjing, dan juga kalau sudah berangkat ke Cina, ingin mencoba berbagai hal, seperti mengunjungi situs budaya dan sejarah, juga mengamati kebiasaan Muslim di Cina.

 

Khairunnisa

Bergabung dengan organisasi eksternal kampus yaitu PPIT Tiongkok dan PPIT Nanjing untuk menambah teman baru dan mengikuti kegiatan volunteer disana. Kalau sudah offline, mungkin mencoba untuk bergabung dengan klub/ukm disana. 

Apa pesan yang ingin disampaikan untuk teman-teman yang ingin daftar Joint Degree?

Sayyid

Pesan untuk yang mau mengikuti program ini yang pertama, kalian harus siapkan dokumen dengan baik terutama untuk tes bahasa. Kedua kalian harus mulai menabung. Karena itu bisa menjadi uang saku kalian ketika kalian nanti berangkat ke Cina. See you on board!

 

Khairunnisa

Kenali diri, temukan core values sama alasan kalian sebenarnya biar tahu apakah kita benar-benar butuh program ini atau tidak. Sering-sering ingat alasan itu biar nggak bisa selalu refleksi diri.

Agak klasik tapi jangan menyerah, terus aja mencoba. 

Terakhir jangan lupa doa dan sering-sering cek website dan IG Informatika biar gak ketinggalan info.