Mahasiswa Informatika UII, raih National Bussiness Plan Competition

“Alhamdulillah, Juara 1 adalah capaian kami dalam kompetisi National Bussiness Plan Competition ITK Innovation 2017. Selain mendapatkan juara, kami juga mendapatkan pengalaman dan teman baru, dan juga kami mendapatkan usulan dan nasehat terhadap ide bisnis yang Insya Allah akan kita jalankan setelah kompetisi ini berakhir (6 sd 8 Jumadal Akhirah 1438 H/5 sd 7 Maret 2017).
Pesan singkat tersebut disampaikan Wildan Maulana dan Defi Ariyani, keduanya Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) seusai meraih prestasi sebagai Juara 1 menyisihkan utusan Universitas Brawijaya di Juara 2 dan Juara 3 utusan dari Universitas Diponegoro.
National Bussiness Plan Competition merupakan serangkaian acara dari ITK Innovation yang mana merupakan acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Kampus Institut Teknologi Kalimantan di Balikpapan. Acara ini didukung penuh oleh kampus ITK dan juga oleh pemerintah kota Balikpapan. Kampus ITK juga merupakan kampus kebanggaan balikpapan dan Kalimantan, karena kehadiran ITK di Kalimantan diharapkan akan menjadi salah satu kesuksesan dan kemajuan pulau Kalimantan. Selain itu acara ini juga didukung oleh beberapa perusahaan besar seperti Telkom, Bank BNI, XL, Chevron, dsb. Sehingga acara ini begitu besar dan profesional.
“ITK Innovation memiliki 3 cabang acara, yaitu ITK Exhibition, ITK Talkshow dan ITK Contest dimana ITK Contest memiliki 2 cabang lomba, yaitu Lomba Debat dan Bussiness Plan. Adapun cabang lomba yang kami ikuti adalah Bussiness Plan Competition” jelas Wildan dan Defi dalam releasenya.
Adapun proses seleksi kompetisi ini adalah dengan mengumpulkan proposal bussiness plan kepada panitia, dan dari proposal tersebut akan diseleksi 5 proposal dan ide terbaik yang nantinya akan diundang untuk mempresentasikan ide bisnisnya di kampus ITK. Alhamdulillah tim kami merupakan salah satu dari 5 finalis.
Adapun kegiatan yang kami lakukan selama di Balikpapan adalah mempresentasikan ide bisnis kami yang mengangkat tentang digital bussiness yaitu e-tourism. Presentasi dan demo prototype dilakukan selama 10 menit dan dilanjutkan dengan sesi pertanyaan selama 12 menit.
Juri dalam kompetisi ini adalah para aktivis bisnis yang profesional, mereka adalah Suparto, S.T., M.S (Kepala bidang Teknologi dan Suber Daya Industri Balikpapan); Istia Budi (Manager Digital Innovation Lounge Balikpapan) dan Dio Ramadhan (CEO and Founder of The Denim Club).  Di hari selanjutnya para peserta mengikuti ITK Talkshow yang diisi oleh CEO Bukalapak Ahmad Zacki dan Tri Mumpuni serta dihadiri oleh Walikota Balikpapan dan juga para pejabat, selanjutnya ditutup pengumuman hasil perlombaan. (Jerri Irgo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.