,

Fathan Firmansyah Raih Best Presenter Award di SIML 2024

Fathan Firmansyah di SIML 2024

Fathan Firmansyah, mahasiswa S-1 Informatika UII, meraih Best Presenter Award di the International Conference on Smart Computing, IoT, and Machine Learning (SIML) 2024. Konferensi internasional ini diselenggarakan di UMS pada tanggal 6 Juni 2024. Fathan mempresentasikan makalahnya yang berjudul “Indoor Positioning System: A Brief Review of Its Technologies and Signal-Filtering Techniques“. Makalah ini merupakan bagian dari Hibah Kolaborasi Internal Jurusan Informatika.

Best Presenter Award - Fathan Firmansyah

Best Presenter Award – Fathan Firmansyah

Dalam kajian literatur yang dilakukannya, Fathan menggali beragam teknologi yang digunakan dalam IPS, mulai dari WiFi, Bluetooth, hingga ultra-wideband (UWB). Dua teknik utama dalam menentukan lokasi di dalam ruangan yang menjadi sorotan adalah trilaterasi dan fingerprinting. Fathan juga menemukan bahwa teknik penyaringan sinyal seperti filter Kalman dan filter partikel banyak digunakan dalam meningkatkan akurasi IPS. Pemahaman mendalam yang diperolehnya dari kajian literatur ini memainkan peran penting dalam pemilihan teknologi yang tepat untuk mengembangkan sistem IPS yang efektif.

IPS memiliki aplikasi yang sangat luas, mulai dari navigasi dalam bangunan seperti museum, bandara, hingga gudang dan rumah sakit. Berdasarkan analisisnya, Fathan menyoroti potensi besar dari IPS dalam berbagai konteks penggunaan, serta tantangan yang perlu diatasi untuk meningkatkan efektivitasnya.

Fathan Firmansyah di SIML 2024

Fathan Firmansyah di SIML 2024

Selain menjadi langkah awal penelitian, kajian literatur ini juga menandai kolaborasi antara dosen dan mahasiswa serta kolaborasi antarkampus. Fayruz Rahma dan Kurniawan Dwi Irianto (dosen Informatika UII), serta Ary Mazharuddin Shiddiqi (dosen Teknik Informatika ITS) turut berkontribusi dalam penulisan makalah ini. Harapannya, tinjauan literatur yang telah dilakukan oleh Fathan dan tim dapat menjadi sumber pengetahuan berharga bagi para peneliti lain yang tertarik dalam bidang IPS. Selain itu, semoga riset ini dapat membuka jalan untuk kolaborasi yang lebih luas di masa depan.