Alhamdulillah, prestasi Universitas Islam Indonesia kembali ditorehkan oleh mahasiswi Teknik Informatika yaitu Mike Rustia Putri (TIF ’14). Mike berhasil meraih juara 2 nasional dalam ajang National Essay Competition Historia 2018 di Universitas Negeri Padang. Kompetisi tersebut berlangsung pada tanggal 29 November – 02 Desember 2018 dengan tema yang diangkat yaitu “Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Mengatasi Disintegrasi Nasional”. Adapun seleksi dalam kompetisi tersebut yaitu peserta mengirim berkas dan karyanya, dari ratusan berkas didapatkan 70 semifinal untuk menuju tahap final dan tahap akhir didapatkan 10 finalis untuk memperebutkan 3 besar.

Pada tahap final Mike berkompetisi dengan 9 finalis lainnya dari Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Ganesha, Universitas Padang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Yogyakarta dan Universitas Semarang dengan 3 juri profesional yaitu Dr. Aisiah, M.Pd., Dr. Desy Mardiah., M.Si., dan Hera Hastuti, Mpd.

Karya yang Mike presentasikan dalam ajang tersebut yaitu inovasi teknologi untuk mengatasi permasalahan disintegrasi nasional melalui media pembelajaran untuk anak-anak dalam upaya mengenalkan budaya ekonomi yang mencerminkan karakter bangsa Indonesia sejak dini.
Menurut Mike, manfaat mengikuti lomba essay ini selain mengasah kemampuan menulis ilmiah, juga melatih kepekaan dengan kondisi bangsa serta meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kemampuan public speaking. Harapannya, semakin banyak teman-teman mahasiswa lainnya untuk peduli dengan permasalahan disekitar dan memberi solusi dengan ilmu yang telah didapatkan pada bangku kuliah secara nyata untuk bangsa.
Semoga Teknik Informatika selalu berkarya demi bangsa. (Mike)