Teknik Informatika UII dan Tokopedia Berkomitmen Mempererat Hubungan Kerjasama

Rabu (18 Oktober 2016) lalu, Jurusan Teknik Informatika UII menerima tamu dari perwakilan perusahaan Tokopedia. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak bersepakat untuk mempererat hubungan kerjasama yang sudah terjalin.
Kerjasama yang terjalin berawal dari kesadaran kedua pihak bahwasanya ada kesenjangan yang tak kasat mata antara pihak industri dengan pihak universitas. Pendidikan seringkali berbicara mengenai idealitas, sedangkan praktek di lapangan akan banyak dituntut aspek yang sifatnya non-science (softskill) seperti kemampuan berinisiatif dalam tim dan juga kemampuan berkomunikasi. Dari data yang dimiliki oleh pihak Tokopedia, ternyata banyak pelamar freshgraduate yang mengalami kegagalan ketika sudah sampai pada tahap wawancara. Banyak pelamar yang memiliki hardskill bagus namun softskill kurang. Bahkan pihak Tokopedia juga menyoroti tipikal dari sebagian besar freshgraduate yang berasal dari kota Yogyakarta yang kurang assertif dibandingkan freshgraduate yang berasal dari kota besar lainnya seperti Bandung dan Jakarta.
Dengan menyadari permasalahan yang ada, Jurusan Teknik Informatika UII dan pihak Tokopedia menggali berbagai bentuk kolaborasi yang lebih efektif, sehingga akan mendorong kesesuaian antara lulusan yang dihasilkan oleh pihak universitas dengan kebutuhan industri. Beberapa program kerjasama dengan Tokopedia yang ditawarkan diantaranya yaitu:

  • Internship/magang: program ini sangat sesuai dengan kurikulum Jurusan Teknik Informatika UII yang mengharuskan mahasiswa untuk melakukan kerja praktek di perusahaan sebelum mahasiswa lulus.
  • Sharing session dari alumni
  • Workshop dan seminar
  • Program beasiswa
  • Pelatihan kepemimpinan

Mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mengikuti program-program yang ada, sehingga bisa lebih siap nantinya sebelum memasuki dunia kerja.
Semoga dengan adanya kerjasama ini bisa membuka peluang yang lebih besar kepada para mahasiswa untuk mengembangkan dan membekali dirinya. Tentu saja, tidak cukup hanya dari pihak Jurusan yang proaktif menjalin kerjasama, namun mahasiswa sendiri haruslah berinisiatif dan bersikap proaktif agar kesempatan-kesempatan yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.