Pusat Informasi

Hits Counter


hit counter
Get a hit counter here.

Program Kreativitas Mahasiswa 2010: Karya Tulis

Setelah menggelar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tingkat universitas, UII kini memfasilitasi mahasiswa yang berminat mengajukan proposal PKM ke tingkat nasional. Lomba PKM terdiri dari dua kategori: AI (Artikel Ilmiah) dan GT (Gagasan Tertulis). Keduanya sama-sama berupa aktivitas menulis, bukan aktivitas fisik di lab atau lapangan.

Syarat-syaratnya mudah lho! Dan mumpung masih ada waktu, kumpulkan naskah PKM-AI dan PKM-GT ke bagian kemahasiswaan UII paling lambat tanggal 5 Maret 2010 melalui loket 4 atau 5 BAAK UII pada jam kerja ! Download keterangan lengkap di web Kemahasiswaan!

Apa beda PKM-AI dan PKM-GT?

Buku Panduan PKM 2010 bisa di-download di web DP2M Dikti. Sebagai kutipan:

PKM-AI: Karya tulis ditulis mengacu pada kegiatan yang telah selesai dilakukan kelompok mahasiswa yang sama. Kelompok penulis yang artikel ilmiahnya dinilai baik dan layak, akan memperoleh insentif dana tunai sebesar Rp 3 juta,- dan artikelnya menjadi bahan publikasi dalam Jurnal Kreativitas Mahasiswa.

Ada tiga karakter utama PKM-AI, yaitu: a) tidak ada usulan pembiayaan; b) usulan berupa artikel ilmiah siap terbit yang mengikuti kelaziman kaidah penulisan suatu jurnal ilmiah; c) sumber penulisan artikel ilmiah tersebut adalah kegiatan yang telah selesai dilakukan kelompok mahasiswa penulis artikel. Karakter terakhir ini sekaligus menunjukkan bahwa sumber penulisan merupakan kegiatan, bukan laporan.

Sedangkan PKM-GT merupakan wahana mahasiswa dalam berlatih menuliskan ide-ide kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan-persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Ide tersebut seyogyanya unik, kreatif dan bermanfaat sehingga idealisasi kampus sebagai pusat solusi dapat menjadi kenyataan. Sebagai intelektual muda, mahasiswa umumnya cenderung pandai mengungkapkan fakta-fakta sosial, namun melalui PKM-GT, level nalar mahasiswa tidak hanya dituntut sampai sebatas mengekspos fakta tetapi justru harus mampu memberi atau menawarkan solusi.