,

Mahasiswa Informatika Berhasil Juara 1 di UINIC 1.0

Informatika UII Juara UINIC

UINIC 1.0 merupakan ajang pencarian ide yg diselenggarakan oleh Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta dengan mengambil tema “Smart Solutions, Enlightening People“. Lomba terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pertama berupa pengiriman outline ide yg ingin disampaikan.  Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi diminta mengirimkan proposal dari outline yg dikirimkan sebelumnya. Tahap terakhir adalah presentasi dari ide yang diberikan beserta demo prototype yang telah dirancang.

Mahasiswa Informatika angkatan 2016 yang tergabung dalam Tim NIT, terdiri dari  Agung Ramadhan Putra, Elang Putra Sartika dan Niky Ayu Lestari berhasil menjadi Juara 1 dalam lomba UINIC 1.0. Tim NIT mengikuti kegiatan lomba dengan ide aplikasi berupa prototype aplikasi berbasis Android yang dinamai “Life’s Hint”. Aplikasi yang dapat memberikan rekomendasi ayat Al-Qur’an dan Hadist sesuai dengan perasaan si pengguna. Pengguna bisa menuangkan perasaan mereka lewat status atau bisa juga dengan chatbot yang ada di dalam aplikasi. Kemudian sistem AI pada aplikasi mengenali perasaan  pengguna (senang, sedih, bimbang) dan memberikan rekomendasi ayat dan hadist yang sesuai.

Setelah jadi juara di UINIC dan lomba ini usai, tentu akan sangat menantang bagi Tim NIT untuk terus melanjutkan ide aplikasi ini menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Selamat, terus berkarya! (Novi Setiani)

*Prototype aplikasi bisa dicoba di: bit.ly/lifehint

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *